The Inaugural Indonesian Infrastructure of Entrepreneurship Workshop

Pada tanggal 13 Januari 2015, US Foreign Commercial Services mengundang tim GEM (Global Entrepreneurship Monitor) Indonesia yang diwakili oleh Catharina Badra Nawangpalupi (Dosen Fakultas Teknologi Industri UNPAR) untuk menghadiri “The Inaugural Indonesian Infrastructure of Entrepreneurship Workshop”. Kegiatan Ini Merupakan Diskusi (workshop) mengenai kondisi Kewirausahaan di Indonesia.

Dihadiri oleh lebih dari 20 institusi yang mewakili pemerintah, peneliti, pengajar, ventura kapitalis/investor maupun pengusaha. Kegiatan ini mencoba mengidentifikasi tantangan-tantangan utama dari iklim kewirausahaan Indonesia.

Hasil dari diskusi merujuk pada empat faktor utama yang menghambat kewirausahaan di Indonesia, yaitu:

  1. Kurangnya pelatihan terkait dengan kewirausahaan
  2. Cara pandang/mindset yang belum mendukung kewirausahaan
  3. Kurangnya akses pada sumber daya
  4. Kurang mampu untuk meningkatkan skala usaha.

Dari faktor-faktor ini, selanjutnya didiskusikan cara dan langkah konkrit yang perlu dilakukan oleh para pemangku kepentingan dalam kewirausahaan. Beberapa langkah yang dirasa penting untuk dijalankan adalah perancangan sistem basis data untuk dijalankan adalah perancangan sistem basis data untuk seluruh informasi terkait dengan contoh-contoh (best practices) kewirausahaan dan peningkatan kerja sama antar para pemangku kepentingan.

Sumber: LPPM UNPAR (https://lppm.unpar.ac.id/the-inaugural-indonesian-infrastructure-of-entrepreneurship-workshop/)

X